ETIKA, NORMA DAN NILAI DALAM BISNIS

Disusun oleh
Andika Yudhistira
01211077
Manajemen A.
 
 
UNIVERSITAS NAROTAMA
TAHUN AJARAN 2012-2013

E.T.I.K.A

Apa itu ETIKA???

Secara Etimologi, menurut K. Berten, kata ‘etika’ berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu ethos (bentuk kata tunggal), yang berarti tempat tinggal, kebiasaan, atau adat, akhlak, perasaan, sikap, dan cara berpikir. Atau ta etha (bentuk kata jamak), yang berarti adat kebiasaan.

Umum:
Secara umum etika memiliki pengertian dan sebagai ilmu tentang apa yang biasa kita lakukan.
berbicara mengenai norma dan nilai moral, kondisi-kondisi dasar bagi manusia untuk bertindak secara etis, bagiman manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika, lembaga-lembaga normatif dan semacamnya.

Khusus:
Adalah merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar.

Etika Khusus dibagi menjadi 2:
1. Etika Sosial : Etika Sosial berbicara mengenai kewajiban dan hak, sikap dan pola perilaku manusia sebagai makhluk sosial dlm interaksinya dengan sesamanya.
2.    Etika Lingkungan hidup : Berbicara mengenai hubungan antara manusia baik sebagai kelompok dengan lingkungan alam yang lebih luas dalam totalitasnya, dan juga hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya yang berdampak langsung atau tidak langsung pada lingkungan hidup secara keseluruhan.

Namun, penerapan itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis : cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tidanakn, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.

N.O.R.M.A

Apa itu NORMA???
Adalah sebuah pedoman hidup yang digunakan sebagai acuan atau patokan dalam kehidupan bermasyarakat. Norma secara tidak sengaja adalah buatan dari manusia itu sendiri sebagai makhluk sosial. Masing-masing orang harus mentaati dan tidak boleh melanggar norma yang berlaku dalam masyarakat, sehingga akan tercipta situasi dan kondisi yang kondusif dalam kehidupan bermasyarakat.

Norma Umum
adalah norma yang bersifat umum (universal), lebih bersifat menyeluruh dan norma ini berlaku kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja dan apa saja.

Norma Khusus
adalah norma yang bersifat khusus, dan norma ini berlaku pada kehidupan tertentu seperti, pada saat kita bergaul yang memiliki aturan bahwa dalam pergaulan harus ada tata krama, sopan santun, simpati, dapat menjaga emosi serta tidak menyakiti hati dan perasaan orang lain (teman kita sendiri).

N.I.L.A.I
Apa itu NILAI???
Nilai adalah sesuatu yang berharga, bermutu, menunjukkan kualitas, dan berguna
bagi manusia. Sesuatu itu bernilai berarti sesuatu itu berharga atau berguna
bagi kehidupan manusia.

Nilai Umum
adalah suatu keyakinan mengenai cara bertingkah laku dan tujuan akhir yang diinginkan individu, dan digunakan sebagai prinsip atau standar dalam hidupnya.

Nilai Khusus
adalah istilah yang terkait dengan unsur luar biasa dari nilai sehingga melebihi Nilai Pasar. Nilai khusus merupakan suatu penambahan nilai yang dapat diterapkan untuk pemilik/ pengguna tertentu atau pemilik/pengguna prospektif dari properti dan bukan pasar secara keseluruhan. Nilai khusus hanya dapat diterapkan untuk pembeli dengan kepentingan khusus. Nilai khusus dapat dikaitkan dengan  elemen-elemen Nilai Bisnis yang Berjalan, dan Nilai Investasi atau Manfaat Ekonomi.
 

 
SUMBER :
http://www.jaringankomputer.org/pengertian-etika-adalah/
http://www.anneahira.com/pengertian-etika.htm
http://bembyagus.blogspot.com/2012/04/pengertian-etika-dan-bisnis-sebuah.html
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090722034737AAxubkQ
http://uzey.blogspot.com/2009/09/pengertian-nilai.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *